Kombinasi Teknik Bekam Sinergi | Tempat Terapi Alternatif Jantung Koroner Pondok Jantung Indonesia

Anda sedang mencari Tempat Alamat Rumah Terapi Pengobatan Alternatif Non Medis Alami Alamiah untuk Penyakit Jantung Koroner di wilayah Surabaya Sidoarjo Gresik Bali Malang atau dimana saja anda berada ? Silakan hubungi Pondok Jantung Indonesia. Alamat Kontak dan Peta Lokasi KLIK DISINI

KOMBINASI TEKNIK BEKAM
Posted by yarobbi .com on Apr 3, 2013 in Bekam Sinergi | 0 comments
Bekam Sinergi Surabaya | Yarobbi.com | Bekam Sinergi | Kombinasi Teknik Bekam
Sering muncul sebuah pertanyaan, apa semua titik dilakukan bekam basah? Berapa jumlah kop dalam sekali terapi? Bisakah bekam dikombinasikan dengan moksa atau akupuntur? Atau bekam dengan satu titik saja atau perlu banyak titik? Untuk menjawab ini kita sebaiknya  tahu apa itu bekam dan bagaimana patomekanismenya dalam mengobati pasien.

Disinilah pentingnya kita mengingat kembali apa dan bagaimana bekam sinergi itu.
Bekam sinergi adalah: Sebuah metode penanganan penyakit yang melibatkan penarikan Qi (Energi) dan Xue (darah) ke permukaan kulit menggunakan ruang hampa udara (vakum) yang tercipta di dalam gelas atau kop dengan mempertimbangkan kekuatan 7 materi dasar[1] dan 6 patogen ekternal[2] yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh. Kita melakukan pembekaman untuk mengambil ekses pathogen pada organ ataupun meridian yang telah kita diagnosa memakai Rumus 4 K pada Bab sebelumnya.

Sebelum ke kombinasi teknik bekam maka akan saya sampaikan beberapa penamaan lokasi titik bekam:

Kepala dan leher
Titik yang berada di kepala sangat banyak, baik yang merupakan titik yes point[3] atau titik utama seperti: ummu mughit (baihui) dan  al akhdain.
Ruang atas
Ruang atas adalah ruang yang berada di atas diafragma. Ruang atas ini ada beberapa titik yang sering dipakai adalah: Al kaahil, al katifain, titik belakang Paru (Feishu) dan titik belakang Jantung (Xinshu).
Ruang tengah
Lokasi daerah ini berada diantara diafragma dengan umbilicus[4] titik organ yang berada di sini adalah: titik belakang Hati (ganshu), titik Limpa dan Lambung (pishu dan weishu).
Ruang bawah
Ruang yang berada di bawah umbilicus yang diisi oleh titik belakang Ginjal (shen shu), titik belakang Kandung Kemih dan titik Usus Besar.
Lokal
Titik lokal sangat banyak sekali tergantung dari lokasi keluhan atau organ yang terkena. Mencakup titik tubuh bagian depan (dada dan perut), tangan serta kaki.

Masih mencari Tempat Alamat Rumah Terapi Alternatif Jantung Koroner atau Pengobatan Alami Natural Non Medis untuk Penyakit Jantung Koroner di Surabaya Sidoarjo Bali Gresik dan sekitarnya ? Coba datang ke Pondok Jantung Indonesia di Surabaya. Alamat dan Peta Lokasi KLIK DISINI

Kombinasi Teknik Bekam
Ketika rumus 4K dan Diagnosa 6 unsur kita terapkan maka bisa memunculkan beberapa kombinasi sbb:

Atas bekam basah, tengah dan bawah bekam keringHal ini dilakukan pada beberapa kasus dengan diagnosa sbb:
o    Paru-paru terserang angin panas
o    Paru-paru ekses lembab panas
o    Jantung terserang ekses panas
Ketiga kasus di atas disertai dengan bagian bawah dan tengah terjadi defisiensi. Bekam basah akan mengeluarkan angin dan panas. Ketika darah keluar maka panas tubuh juga akan keluar. Ketika panas keluar, maka lembab akan ikut keluar. Bekam kering pada kasus ini adalah untuk menarik Qi ke permukaan tanpa menguras Qi-nya sebagaimana pada bekam basah. Maksud dari bekam kering juga untuk menghilangkan stagnasi pada bagian tengah dan bawah sehingga bisa menghilangkan nyeri.

Bekam basah satu titik  pada kepala dan leher
Kombinasi Teknik Bekam, Hal ini bisa kita lakukan pada beberapa diagnosa sbb:
o    Hiperaktifitas Yang Hati bekam basah pada ummu mughit saja atau bisa ditambah akhdain dan kaahil
o    Keluhan mata merah, nrocos, pegel, gatal dengan hiperaktifitas Yang Hati bisa diambil pada ummu mughit.
o    Keluhan kaku leher karena salah posisi tidur atau leher kaku karena masuk angin bisa diambil leher dengan kombnasi bekam kering seluruh ruang atas, tengah dan bawah untuk mengambil anginnya

Bekam basah  dan moksa
Kombinasi ini dilakukan pada kasus atas panas bawah dingin. Jantung dan paru paru ekses panas dan lembab tetapi ginjal dan usus besar atau limpa lambungnya lemah. Moksa dilakukan pada titik Shen Que (Ren 8), Yung quan (KI 1) untuk mendinginkan atas dan menghangati bawah. Misalnya pada kasus seorang dengan pasca stroke kondisinya tensi tinggi, kepala sering pusing, nadi besar kuat. Lidah merah dengan selaput putih tebal, basah dan kotor. Terdapat gejala tidak bisa merasakan kencing dan buang air besar sehingga sering ngompol dan BAB tidak terkontrol. Kasus ini menunjukkan atas panas bawah lemah sehingga pathogen lembab dingin masuk.

Bekam basah pada ruang bawah sajaKombinasi Teknik Bekam, Bekam pada ruang bawah saja. Ini bisa diterapkan pada kasus lembab panas pada kandung kemih dan ginjal. Secara medis sering terjadi pada kasus batu ginjal, batu saluran kemih dan infeksi saluran kemih serta wasir dengan sindrom  lembab panas.

Bekam basah pada lokal pointIndikasi lokal poin ini sangat luas sekali terutama terkait dengan Xue Yu (darah stasis) dengan penyabab ekses panas atau trauma lokal serta Tan (dahak). Seperti yang telah dibahas pada Bab sebelumnya bahwa darah stasis adalah produk patologis yang sangat bagus jika dilakukan terapi purgasi dan melancarkannya dengan bekam basah.
Secara medis ini bisa dilakukan pada:
Cedera trauma dengan memar dan bengkak pada alat gerak, maka bisa diambil sekitar lokasi.
Tangan dan kaki yang sering kesemutan, baal atau mati rasa dengan kondisi darah dan energinya cukup.
Migren bisa diambil pada pelipis (Taiyang)
Untuk area pelipis saya lebih menganjurkan dengan menggunakan lancet. Dengan memakai lancing devicenya.
Sinusitis bisa diambil depan sinus maksilaris (bawah mata)
Tentunya hal ini dilakukan terhadap sinus dengan ekses lembab panas pada Paru atau Liver.
Nyeri dada dengan adanya stagnasi darah (Xue Yu)  dengan kondisi ekses bisa diambil lokal pada lokasi ditambah dengan Renzhong (Ren 17).
Nyeri daerah pergelangan kaki karena bengkak terkena radang sendi atau asam urat bisa diambil pada daerah Cheng san (Bl 57) dan San Yin Jiao (Sp 6) serta Taichong (Liv 3).
Frozen shoulder bisa dilakukan titik lokal pada Jian Jing (GB 21), SI 9, LI 14, LU 2, dll.
Bekam basah dan akupunturKombinasi bekam basah dengan akupuntur sangat mungkin sekali dilakukan, untuk menunjang pengobatan. Terutama pada kasus kasus ekses panas, angin, lembab dan api. Misalnya pada kasus sbb:
Vertigo karena ekses Yang Hati maka bekam dilakukan pada: Ummu mughit, al akhdain dan kaahil. Dan akupuntur dilakukan pada titik: Feng Chi (GB 20), Yang Ling Quan (GB 34), Yintang, He Gu (LI4) dan Taiyang.
Stroke karena akumulasi dahak, angin dan panas maka bekam dilakukan pada: Ummu mughit, al akhdain dan kaahil. Dan akupuntur dilakukan pada titik: Feng Long (ST 40), Taichong (Liv 3), Hegu (Li 4), Wai Guan (TE 5), Quchi (LI 11), Fengshi (GB 31) dan Zu san li (ST 36).
Hipertensi karena Yang Shi Hati maka bekam dilakukan pada: Ummu mughit, al akhdain, kaahil, titik belakang Jantung dan Liver. Dan akupuntur dilakukan pada titik: Baihui, Si shenchong, Hegu (LI4), Quchi (Li 11), Taixi (KI 3), Fuliu (Ki 7) dan Taichong (Liv 3).
Leher yang kaku bekam dilakukan pada: al akhdain, kaahil dan katifain. Dan akupuntur dilakukan pada titik: Houxi (SI 3), LU 7, Bailao dan Feng Chi (GB 20).
Low back pain dengan kondisi ekses bekam dilakukan pada: titik belakang Ginjal dan Usus Besar.  Dan akupuntur dilakukan pada titik: Yao tong Xue, Lin Gu dan Da Bai pasien berjalan dengan menggoyangkan pinggulnya. Jika tidak bisa saat dilakukan pembekaman dilakukan penusukan pada Wei zhong (BL 40), BL 57, BL 58 dan BL 60.
Sciatica bekam dilakukan pada:  Huan Tio (GB 30) dan Shen shu (BL 23)  dan akupuntur dilakukan pada titik: Fengshi (GB 31), Yang Ling Quan (GB 34), Cheng Fu (BL 36), Yin Men (BL 37), Wei zhong (BL 40), Cheng san (BL 57), Feiyang (BL 58) dan  Kun Lun (BL 60).
Ambeien (hemorrhoid) dengan lembab panas maka bekam dilakukan pada Zhi Bian (BL 54), Da chang shu (BL 25), akupuntur pada Weizhong (BL 40) dan Cheng San (BL 57).
Masuk angin panas al akhdain,  kaahil, katifain, titik belakang Paru.Akupuntur pada titik Feng chi (GB 20) dan He Gu (Li 4) serta Waiguan (TE 5).
Sinusitis dengan sebab Paru-paru ekses panas dan lembab dilakukan bekam basah pada al akhdain, kaahil, katifain, titik belakang Paru. Akupuntur pada Bitong, Ying Xiang (LI 20), Yintang, Hegu (LI4) dan Feng Long (ST 40).
dll
Bekam apiBekam api diperuntukkan untuk kondisi terserang pathogen angin, lembab dan dingin. Atau bisa dilakukan pada kaku otot sepanjang meridian Kadung Kemih pada punggung dan pinggang. Bisa juga untuk kasus kasus dingin yang membekukan meridian seperti: frozen shoulder, low back pain dan perut dengan ekses lemab dingin.

Bekam seluncur dan bekam keringBekam seluncur dilakukan untuk menarik Qi dan Xue ke permukaan tubuh sehingga daya tahan tubuh untuk menghalau pathogen menjadi kuat jika sebelumnya tentunya dilakukan pemeriksaan Qi dan Xue-nya cukup. Jadi bekam seluncur ini menarik Qi dan Xue yang berada di dalam untuk ke permukaan. Selain itu juga akan menarik angin dan panas.

Bekam kering dilakukan untuk seorang yang mempunyai keluhan nyeri  dengan kondisi Yin dan Xue-nya lemah. Bekam kering mengeluarkan pathogen tanpa mengeluarkan materi dasar yaitu Xue (darah). Bekam kering juga dianjurkan dipakai untuk kasus angin panas dan dingin pada anak anak. Karena untuk kasus anak tidak dianjurkan bekam basah. Boleh dilakukan bekam basah dengan kop satu saja, sedangkan yang lainnya dengan bekam kering. Hal ini mengingat anak-anak merupakan masa pembentukan darah. Bekam basah dengan satu titik akan mengeluarkan pathogen tanpa menguras materi dasar, dengan satu kop bekam basah juga akan memacu produksi darah. Allohu ‘Alam

Bekam basah super banyak
Kombinasi Teknik Bekam, Bekam basah dengan kop belasan bahkan puluhan bisa dilakukan pada kondisi pasien yang benar benar ekses panas, angin dan adanya Xue Yu (darah stasis) dengan adanya ekses panas tersebut. Tentunya nadi harus mendukung ke arah ekses serta fisik yang masih kuat.

Kombinasi Teknik Bekam
________________________________________
[1] 7 materi dasar adalah: materi yang menyusun tubuh yang meliputi: Qi, Xue, Jin, Ye, Jing, Yin dan Yang.
[2] 6 patogen ekternal: penyebab penyakit dari luar tubuh yang meliputi: angin, panas, dingin, kering, lembab dan api. Lebih detail akan dibahas di BAB patogen.
[3] Titik keluhan. Dimana ada keluhan nyeri dengan tolak tekan maka disitulah menandakan ekses pathogen atau darah stasis (xue yi)
[4] Pusar

Komentar